Minggu, 29 September 2019

Bijaklah Dalam Menggunakan Sosial Media, Waspada Jeratan UU ITE

| Minggu, 29 September 2019
Ilustrasi

PRINGSEWU - Tulisan ini bukanlah sebuah ancaman untuk pembaca, tapi adalah himbauan bahwa di negara Indonesia kita ini, kini memiliki UU ITE yang bisa menjerat pihak-pihak yang ikut menyebarluaskan, serta memproduksi konten yang informasinya masih belum terkonfirmasi atau informasi sepihak, bahkan informasi hoax (informasi bohong).

Pihak Kepolisian kini telah memiliki dasar hukum (UU ITE) untuk bisa langsung menjerat seseorang jika terdapat laporan terkait pengupload atau penyebarluas konten yang terbukti melakukan hal-hal yang melanggar. Jadi, sebagai pengguna sosial media kita kini harus lebih hati-hati, teliti, dan waspada untuk mengupload suatu konten informasi di sosial media pribadi milik kita.

Sebuah informasi yang mudah viral, biasanya adalah konten informasi yang menguras emosi kita sebagai manusia yang memiliki jiwa emosi. Tapi, di era teknologi informasi seperti sekarang ini, kita harus bisa menahan atau lebih sabar terhadap emosi kita sendiri, salah-salah kita bisa masuk ke dalam lembaga pemasyarakatan.

Selain itu, informasi sepihak yang disebarluaskan seseorang juga bisa memiliki dampak buruk yang berkaitan dengan UU ITE. Pasalnya, jika orang yang disebarluaskan tersebut tidak terima dan kemudian melaporkan konten tersebut ke pihak kepolisian, pihak pengupload pertama dan orang-orang yang ikut menyebarluaskan konten tersebut bisa dijerat UU ITE.

Bahkan, selain pengupload, atau penyebarluas konten, orang-orang yang ikut berkomentar berupa hujatan-hujatan, serta pencemaran nama baik pada konten viral tersebut juga bisa terjerat UU ITE.

Jangan ikut memviralkan sesuatu yang sudah viral tapi kita sendiri tidak tahu kondisi situasi mendalam terkait viralnya suatu konten tersebut.

Kesimpulannya, mari kita lebih bijak lagi dalam menggunakan sosial media pribadi kita. Pergunakanlah sosial media kita untuk menyebarluaskan hal-hal yang jauh lebih bermanfaat serta tidak merugikan orang lain. (pu/ind)

Artikel Terkait

1 komentar: