Kamis, 19 September 2019

Rencana Alokasi Formasi Nasional Seleksi CPNS dan PPPK Tahun 2019

| Kamis, 19 September 2019

PRINGSEWU- Berdasarkan Keputusan Menteri PAN-RB Nomor 12 Tahun 2019  tentang Kebutuhan Pegawai Apartur Sipil Negara Tahun 2019. dimana Pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan Penyelenggara Pemerintahan yang Efektif dan Efesien.

Adapun rencana Alokasi Formasi Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap ke-2 ini telah ditetapkan Rancangan Kebutuhan Pegawai ASN sebanyak 254.173 Orang dengan pembagian berdasarkan kebutuhan yakni untuk Kebutuhan Pegawai di Pemerintahan Pusat sebanyak 46.425 Orang yang meliputi Kebutuhan Kategori CPNS  Sebanyak 23.213 Orang dan untuk Kategori PPPK Sebanyak 23.212 Orang.

Sedangkan untuk kebutuhan Pegawai di Pemerintahan Daerah sebanyak 207.746 Orang, dengan pembagian berdasarkan kebutuhan Kategori CPNS Sebanyak 62.324 Orang dan kebutuhan Kategori PPPK Sebanyak 145.424 Orang.

Dari jumlah kebutuhan Pegawai Kategori PNS di Pemerintahan Pusat sejumlah 23.213 Orang yang akan di isi dari  Pelamar umum sebanyak 17.519 Orang sedangkan sisanya di isi dari sekolah Kedinasan sebanyak 5.649 Orang. sementara itu untuk memenuhi kebutuhan pegawai Kategori PPPK  sejumlah 23.212 Orang yang akan di isi dari eks THK.II, Pegawai Non PNS (Honorer) dan Umum (Pelamar lainnya).

Demikian halnya untuk kebutuhan Pegawai Kategori PNS di Pemerintahan Daerah  sejumlah 62.324 Orang yang akan di isi dari pelamar Umum sebanyak 62.249 Orang, kemudian sisanya di isi dari Sekolah Kedinasan sebanyak 75 Orang. kemudian untuk memenuhi kebutuhan Pegawai Kategori PPPK sejumlah 145.424 Orang yang akan di isi dari eks THK.II , Pegawai Non PNS (Honorer) dan Umum ( Pelamar lainnya).

Dengan demikian, bagi anda yang pada tahun ini mempunyai rencana atau minat untuk mencoba mengadu nasib mengikuti seleksi CPNS sebaiknya mantapkan pilihan anda. soalnya pada rekrutmen tahapan ke-2 tahun ini ada dua pilihan yaitu CPNS atau PPPK  dan hanya bisa memilih salahsatunya .
namun untuk persiapan tidak ada salahnya mulai dari sekarang anda siapkan terlebih dahulu  beberapa berkas penting yang sekaligus menjadi persyaratan kedua Kategori tersebut seperti:
  1.  Kartu Keluarga (KK);
  2.  Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  3.  Ijazah Pendidikan pertama sampai ijazah terakhir;
  4.  Transkip Nilai;
  5.  Pas Foto terbaru.  
  6.  Dokumen lainnya yang sesuai dengan ketentuan Instansi yang akan dilamar.
Setelah Dokumen persyaratan anda siapkan, jangan lupa belajar tentang materi yang  nantinya akan diujikan dalam mengikuti tes tersebut sambil menunggu pengunguman resmi yang dipublikasikan oleh BKN di website resminya yakni www.bkn.go.id. Menurut kabar yang beredar, jadwal rencana pembukaan tes CPNS dan PPPK ada pada bulan Oktober 2019. Semoga informasinya bermanfa'at.(pu/ny/ind).

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar